Friday, March 22, 2013

Bagaimana Alur Pelayanan Pasien JKBM

JKBM adalah jaminan kesehatan masyarakat Bali yang belum memiliki asuransi kesehatan. Jaminan kesehatan ini bisa digunakan oleh seluruh masyarakat yang terdaftar sebagai warga provinsi Bali. Jika anda ingin menggunakan JKBM silahkan baca syarat dan cara mendaftar kartu JKBM.

Alur pelayanan pasien JKBM
JKBM menganut sistem pelayanan berjenjang antara puskesmas, rumah sakit daerah dan rumah sakit sanglah. Bagi pasien yang mempunyai keluhan kesehatan bisa mengikuti alur pelayanan kesehatan sebagai berikut :

1. Puskesmas
 Pertama pasien berobat ke puskesmas dengan membawa surat-surat syarat pelayanan pasien JKBM. Pasien diperiksa di puskesmas dan apabila dokter tidak mampu menangani maka akan dirujuk ke rumah sakit daerah.

2. Rumah sakit Kabupaten
 Pasien rujukan puskesmas berobat ke rumah sakit daerah yang berada di kabupaten masing-masing. Apabila setelah pemeriksaan dokter ternyata dinyatakan tidak bisa ditangani di rumah sakit daerah maka akan dirujuk ke rumah sakit Sanglah.

3. RS Sanglah
Setelah dirujuk dari rumah sakit daerah pasien berobat ke rumah sakit Sanglah.

Pasien Gawat Darurat
Bagi pasien gawat darurat bisa langsung ke rumah sakit daerah atau rumah sakit Sanglah. Surat-surat kelengkapan JKBM bisa diurus dalam jangka waktu 2 x 24 jam.

Pasien harus mengikuti alur pelayanan ini agar tidak terjadi penumpukan pasien di rumah sakit daerah dan rumah sakit Sanglah. Kasus yang masih bisa ditangani di puskesmas agar ditangani oleh puskesmas.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment